Cara Menyimpan Mobil dalam Jangka Panjang

Cara Menyimpan Mobil dalam Jangka Panjang

Cara Menyimpan Mobil dalam Jangka Panjang

Sunman Ford. – Cara Menyimpan Mobil dalam Jangka Panjang Mungkin Anda memiliki mobil convertible yang Anda sukai di musim panas. Tetapi sekarang musim dingin telah tiba. Atau mungkin Anda akan meninggalkan kota untuk pekerjaan atau liburan panjang. Mungkin Anda berada di militer dan sedang ditempatkan di luar negeri.

Apa pun alasan waktu Anda jauh dari kendaraan, Anda harus menyimpannya. Jika Anda membiarkan kendaraan Anda duduk di jalan atau di garasi untuk waktu yang lama, Anda dapat kembali ke baterai mati atau lebih buruk lagi mesin rusak, ban rusak dan sarang tikus di bawah tenda Anda. Berikut ada beberapa cara menyimpan mobil Anda dalam jangka panjang. Mereka akan menjaga kehidupan mesin dan memastikan bahwa mobil Anda mulai ketika Anda kembali ke sana.

  • Tetap Tertutup

Cara menyimpan mobil yang baik adalah di garasi. Garasi adalah tempat yang ideal untuk menyimpan kendaraan. Ini akan melindunginya dari elemen dan menjaganya pada suhu yang relatif stabil. Jika Anda tidak memiliki garasi dan Anda dapat menemukan akomodasi dengan harga yang wajar, pertimbangkan untuk meletakkan mobil di fasilitas penyimpanan publik.

Jika Anda harus meninggalkan mobil di luar ruangan, pertimbangkan untuk menggunakan penutup mobil yang tahan cuaca, yang akan membantu menjaga mobil tetap bersih dan kering.

  • Bersihkan

Mungkin kelihatannya berlawanan dengan intuisi untuk mencuci mobil ketika Anda akan menyimpannya selama berbulan-bulan. Tetapi ini adalah langkah yang mudah dan Anda tidak boleh terlewatkan. Noda air atau kotoran burung yang tertinggal di mobil dapat merusak cat. Pastikan untuk membersihkan roda dan bagian bawah fender untuk menghilangkan lumpur, minyak atau tar. Untuk perlindungan tambahan, berikan lapisan lilin pada mobil.

Apa yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Menyimpan Mobil Anda?

  • Ganti Oli

Lewati langkah ini jika Anda hanya menyimpan mobil selama satu atau dua minggu. Pertimbangkan mengganti oli jika Anda akan menyimpan kendaraan lebih dari 30 hari. Ford merekomendasikan langkah ini dalam manual pemiliknya, mengatakan bahwa oli mesin bekas memiliki kontaminan yang dapat merusak mesin.

  • Top Off the Tank

Ini adalah tip penyimpanan mobil jangka panjang lainnya. Isi tangki dengan gas jika Anda mengharapkan mobil berada dalam penyimpanan selama lebih dari 30 hari. Menutupnya akan mencegah uap air menumpuk di dalam tangki bahan bakar dan menjaga agar seal tidak mengering.

Anda juga harus membeli bahan penstabil bahan bakar seperti Sta-bil, untuk mencegah penumpukan etanol dan melindungi mesin dari gusi, pernis, dan karat. Stabilisator bahan bakar akan mencegah gas memburuk hingga 12 bulan.

  • Tetap Dibebankan

Baterai yang tidak dijaga pada akhirnya akan kehilangan dayanya. Dapatkan seseorang untuk menyalakan mobil setiap dua minggu dan mengendarainya sekitar 15 menit jika memungkinkan. Mengemudi mobil secara berkala memiliki beberapa manfaat. Ini akan menjaga daya baterai, membantu mobil Anda tetap awet dan menjaga mesin dan komponen lainnya dilumasi dengan memadai. Ini juga merupakan ide yang baik untuk menjalankan pendingin udara untuk menjaga agar bagian-bagiannya tetap bekerja dan kualitas udara tetap segar.

Jika Anda tidak dapat mengatur seseorang untuk menyalakan mobil, ada dua opsi lain. Solusi berteknologi rendah adalah melepaskan kabel baterai negatif. Anda mungkin akan kehilangan pengaturan stereo, waktu dan pengaturan lainnya.

Bagaimana Cara menyimpan Mobil dalam Jangka Panjang?

Jika Anda ingin mempertahankan pengaturan itu dan memastikan bahwa baterai Anda mulai saat Anda kembali, belilah tender baterai, yang juga dikenal sebagai pengisi daya tetesan. Perangkat ini terhubung ke aki mobil Anda di satu ujung dan dihubungkan ke stopkontak di ujung lainnya. Ini memberikan daya listrik yang cukup untuk mencegah baterai dari pemakaian.

  • Jangan Gunakan Rem Parkir

Biasanya merupakan ide yang baik untuk menggunakan rem parkir, tetapi jangan lakukan itu ketika Anda meninggalkan mobil di gudang. Jika bantalan rem terlalu lama kontak dengan rotor, ada kemungkinan mereka akan melebur. Sebagai gantinya, belilah sumbat ban, juga disebut chock, untuk mencegah mobil bergerak.

  • Cegah Bintik Flat

Pastikan ban Anda mengembang sesuai tekanan ban yang disarankan. Jika sebuah kendaraan dibiarkan diam terlalu lama, ban-ban itu dapat mengembangkan bintik-bintik datar karena bobot kendaraan menekan jejak kaki ban. Proses ini terjadi pada kecepatan yang lebih cepat di suhu yang lebih dingin dan di kendaraan yang dilengkapi dengan ban kinerja atau ban profil rendah.

Dalam beberapa kasus, hanya dengan seseorang mengendarai mobil untuk sementara waktu akan membawa ban ke suhu operasi normal dan menghilangkan bintik-bintik datar. Dalam kasus yang lebih parah, bercak pipih dapat menjadi bagian permanen dari ban dan perlu diganti.

Jika mobil Anda akan disimpan selama lebih dari 30 hari, pertimbangkan melepas roda dan meletakkan mobil di dudukan dongkrak di keempat sudut. Langkah ini membutuhkan lebih banyak pekerjaan, tetapi ini bisa menyelamatkan Anda dari kekelahan bermain di pasaran wla. Nah, itulah beberapa langkah cara menyimpan mobil Anda dalam jangka panjang. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *