5 Langkah Ampuh Mengetahui Spare Part Asli atau Palsu

5 Langkah Ampuh Mengetahui Spare Part Asli atau Palsu

5 Langkah Ampuh Mengetahui Spare Part Asli atau Palsu

Sunman Ford – Jumlahnya kendaraan yang terjual di Indonesia pasti menandakan tingginya akan keperluan suku cadang. Sayangnya, hal itu justru dipakai oleh pelaku yang menjual spare part palsu, namun mengatakan asli.

Hal itu tentu akan merugikan kita. Tidak cuma keluarkan uang untuk barang dengan kualitas yang jelek, beli serta memakai spare part mobil palsu akan membahayakan kita. Nah, supaya kamu tidak tertipu saat beli spare part, tersebut langkah memperbedakan spare part mobil asli serta palsu.

1. Check Kode serta Nomer Seri

Langkah awal yang perlu kamu lakukan untuk mengetahui spare part mobil asli serta palsu yaitu dengan mengecek kode serta nomer seri yang ada. Setiap barang yang di jual oleh bengkel resmi mempunyai nomer seri khusus. Nah, setiap nomer seri yang tertera pada suatu barang akan tercatat di katalog resminya. Bila kamu lihat ada yang ganjil dalam hal tersebut, kamu butuh siaga serta berfikir 2x.

Walau demikian, bukan bermakna barang KW atau palsu tidak diperlengkapi dengan nomer seri. Sadar atau tidak, sekarang tidak sedikit juga barang palsu yang diperlengkapi dengan kode atau nomer seri khusus.

Itu sebabnya, kamu mesti lebih cermat dalam mengecek barang incaran. Umumnya, nih, penampilan kode atau nomer seri yang ada di barang palsu atau KW lebih rapuh serta gampang hilang.

2. Check Juga Kondisi Kemasan

Sesudah mengecek nomer seri barang incaran, langkah setelah itu yang perlu kamu lakukan untuk mengetahui spare part asli serta palsu yaitu dengan mengecek kondisi kemasannya.

Kardus kemasan asli mempunyai material yang lebih tebal serta halus. Diluar itu, kualitas kardus di kemasan spare part mobil asli berwarna terang serta tidak kusam.

5 Langkah Ampuh Mengetahui Spare Part Asli atau Palsu

Umumnya, spare part asli akan mempunyai cap stiker hologram yang melekat pada kemasan. Nah, yang perlu kamu lihat ialah label stiker untuk spare part mobil asli tidak gampang lepas dan logonya tercetak dengan jelas.

3. Keadaan Fisik serta Detail Barang Sesuai

Saat akan beli spare part mobil, kamu juga harus mengecek keadaan fisik serta detail dari barang yang diincar. Kadang, pembuatan spare part palsu atau KW umumnya tidak sempurna, salah satu contohnya ialah tingkat kerapian dari barang tersebut.

Selain itu, kamu dapat juga mengecek detail dari barang yang akan kamu beli. Detail itu dapat kamu lihat di internet dengan berkunjung ke situs sah. Karena, walau spare part palsu dibikin semirip mungkin, barang itu tidak pernah memakai bahan yang sama. Contohnya, spare part asli memakai baja, sesaat spare part palsu cuma memakai besi biasa.

4. Tanyakan Garansi

Bila kamu telah mengecek barang incaran itu dengan cermat, ini waktunya kamu untuk bertanya garansi dari barang itu. Biasanya, spare part asli mempunyai garansi panjang.

Selain itu, spare part mobil asli umumnya mempunyai garansi yang diberikan sendiri oleh pihak produsen kendaraan itu. Sementara yang palsu cuma diberi garansi toko.

5. Harga Masuk Akal

Langkah terakhir untuk mengetahui spare part mobil asli serta palsu yaitu dengan mengecek harga yang diberikan. Ya, harga memang tidak bohong. Harga spare part asli tentu semakin lebih mahal bila dibanding dengan spare part mobil palsu.

Nah, sebelum membeli barang, terpenting buat kamu untuk mengetahui harga spare part itu di bursa pasaran. Bila si penjual memberi spare part di harga begitu murah, tiada promosi khusus atau potongan harga, kamu perlu curiga. Karena, bisa jadi barang yang kamu incar itu adalah barang palsu.

Itu dia lima langkah mengetahui spare part mobil asli serta palsu. Mudah-mudahan sesudah membaca artikel ini, kamu dapat terlepas dari barang-barang KW, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *